Langsung ke konten utama

Postingan

China Puncaki Top 20 Negara Industri, Indonesia Nomor Berapa?

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa Indonesia menempati peringkat 9 dunia sebagai negara penghasil nilai tambah industri pada 2016. Peringkat Indonesia terus meningkat dari peringkat 18 pada tahun 1990, peringkat 15 pada tahun 2000, peringkat 14 pada tahun 2010, dan peringkat 11 pada tahun 2015.   Pemeringkatan tersebut dikutip berdasarkan data United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) 2017. Dalam 2 dekade terakhir, sektor manufaktur negara-negara berkembang memperlihatkan kinerja yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya posisi negara-negara berkembang di dalam 20 negara dengan nilai tambah sektor manufaktur terbesar di dunia. China menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan di sektor manufakturnya dengan menduduki peringkat puncak dunia sejak tahun 2010. Sementara Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman berada di posisi 2, 3, 4 secara berurutan sejak 2010. “Menurut United Nations Industrial Developm...

Memetakan Kompetisi Pasar Kendaraan Komersial di Indonesia

Hyundai Motor Company , perusahaan otomotif terbesar Korea Selatan (Korsel), meneken kesepakatan bisnis strategis dengan Artha Graha Group (AGG), kelompok usaha yang dikendalikan Tomy Winata (TW), untuk membangun pabrik perakitan truk di Indonesia. Pabrik itu akan memproduksi truk heavy duty Xcient dan model baru berkapasitas terpasang 2.000 unit per tahun. Hyundai dan AGG, konglomerasi yang masuk 10 besar di Indonesia, akan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) pada Mei 2018 untuk merealisasikan rencana tersebut. Selain merakit truk, JV itu akan memasarkan dan menyediakan layanan purnajual. Hyundai belum mengumumkan nilai investasi yang akan dikucurkan untuk perusahaan patungan itu, termasuk porsi kepemilikan saham. Yang pasti, seperti dilansir Yonhapnews , produksi perdana akan dilakukan semester II 2018. Hyundai komit untuk memasok model-model truk baru untuk mendorong volume penjualan. Hyundai menilai, prospek pasar truk atau kendaraan komersial di Ind...

Selisih Kapasitas dan Konsumsi, Baja Lapis Terancam Defisit Pasokan

Pasokan baja lapis aluminium seng (BJLAS) di dalam negeri terancam defisit sekitar 200 ribu ton per tahun karena kapasitas produksi lebih rendah dibanding tren konsumsi. Data Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI) menunjukkan bahwa kapasitas produksi di dalam negeri hanya 150.000 ton per tahun, sementara konsumsi BJLAS warna 350.000 ton per tahun. Defisit pasokan itu diperparah dengan diberlakukannya Bea Masuk Anti Dumping untuk komoditi baja lapis aluminium seng (BJLAS) dari RRT (Tiongkok) dan Vietnam masing-masing 49% dan 18%. Karena itu, tiga asosiasi meminta pemerintah untuk meninjau kembali kebijakan Bea Masuk Anti Dumping untuk komoditi baja lapis aluminium seng (BJLAS) dari RRT (Tiongkok) dan Vietnam masing-masing 49% dan 18%. "Kami khawatir kebijakan ini akan membuat BJLAS hilang di pasar mengingat kapasitas produksi di dalam negeri hanya 150.000 ton per tahun, sementara konsumsi BJLAS warna 350.000 ton per tahun," kata Ketua Asosiasi Roll Former Indone...

Petakan Kekuatan Market Leader dengan Investigasi Pasar

Ketika berbicara mengenai persaingan bisnis seperti misalnya persaingan pasar, maka kita berbicara mengenai “perang” yang harus dimenangkan. Itu berarti bahwa sebagai pengelola bisnis, Anda harus mengatur strategi jitu untuk “terus survive” memenangkan persaingan. Mengetahui kekuatan pesaing sangat penting bagi strategi perencanaan pemasaran yang efektif.  Pengelola usaha harus terus membandingkan produk, harga, dan saluran promosinya dengan pesaing terdekatnya. Dengan cara inilah pengelola usaha akan dapat menentukan bidang di mana usahanya memiliki keunggulan dan kelemahan kompetitif. Kotler (2002) mengklasifikasikan Persaingan Pasar berdasarkan klasifikasi peranan yang dimainkan oleh perusahaan dalam pasar sasaran, di antaranya: pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market chalengger), pengikut pasar (market follower), dan pengisi relung pasar (market nicher). 1. Pemimpin Pasar (market leader) Merupakan perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar ...