Langsung ke konten utama

400 Perusahaan Mesin dan Elektronik China Bidik Pasar Indonesia

Meski ekonomi melambat, penjualan elektronik diprediksi turun, sektor elektronik masih menarik bagi investor.

Mau tahu buktinya. 400 Perusahaan Mesin dan Elektronik China Bidik Pasar Indonesia

Perusahaan mesin dan elektronik China makin agresif membidik pasar Indonesia sebagai tujuan ekspor produknya. Lihat saja, 400 perusahaan mesin dan elektronik China akan merambah pasar Indonesia dengan langkah awal memamerkan produk mereka.

Dari 400 perusahaan itu, tiga di antaranya merupakan perusahaan yang sudah merambah pasar internasional yakni Dongfeng Liuzhou Motor Co Ltd (produsen mobil yang pada 2010 mencetak penjualan US$ 1,8 miliar pada 2010), Guangxi Mingli Group Co Ltd (produsen asam fosfat terbesar di Guangxi, China), dan Gaungxi Yulin Pharmaceutical Co Ltd (produsen obat tradisional China).

Perwakilan Kantor Perdagangan Guangxi China, Zhang Siqi, menjelaskan 400 perusahaan China itu akan mengikuti pameran The 6th China Machinery and Electronic Products Exhibition 2011 yang diadakan pada 19-21 Mei 2011 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

“Pameran itu ditujukan untuk mengisi kerjasama bilateral antara pemerintah China dan Indonesia yang semakin erat sejak 2005. China dan Indonesia sama-sama merupakan negara berkembang yang besar, memiliki daya dorong yang kuat dalam mengatasi krisis ekonomi global,” ujarnya.





Perdagangan bilateral Guangxi (China) dengan Indonesia mencapai US$ 498,22 juta pada 2010, naik 91,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Impor Guangxi dari Indonesia sebesar US$ 414 juta pada tahun lalu, naik 117,9% dari tahun sebelumnya. Ekspor Guangxi ke Indonesia mencapai US$ 84,22 juta pada 2010, naik 19,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Guangxi impor dari Indonesia terutama batu bara, minyak sawit, bijih tambang, kulit sapi, bahan kimia industri, serta beberapa jenis produksi ternak. Sedangkan ekspor Guangxi ke Indonesia terutama asam fosfat, peralatan makan porselen, kendaraan dan suku cadang, barang kimia industri, peralatan pertenunan, permesinan industri ringan, alat-alat listrik serta elektronik.

Produk-produk yang akan dipamerkan dalam The 6th China Machinery and Electronic Products Exhibition 2011 antara lain mesin gali, mobil angkutan pertanian, traktor, LED, DVD, porselen, peralatan kebutuhan rumah tangga, asam fosfat, peralatan/perlengkapan mesin, produk elektronik, pertambangan, dan industri kimia, makanan ternak, pakaian tenun.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Implementasi Revolusi Industry 4.0 di Indonesia

Data Komprehensif Revolusi Industri 4.0 (Strategi Pengembangan dan Ketenagakerjaan hingga 2025) ini dirilis pada minggu ketiga Mei 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, tahapan perubahan, infografis menarik , terkait revolusi industri 4.0 (strategi pengembangan dan ketenagakerjaan hingga 2025). Dilengkapi dengan komparasi perkembangan industri di negara-negara maju, data komprehensif ini dapat digunakan sebagai referensi strategis guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Revolusi Industri 4.0 (Strategi Pengembangan dan Ketenagakerjaan hingga 2025) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-7). Perekonomian Indonesia masih tumbuh positif, meski terjadi perlambatan. Masyarakat lebih memilih dalam berbelanja yang seperlunya, walaupun terjadi tren peningkatan dalam aktivitas pelesiran (halaman 2). Upaya perbaikan pemerataan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah dengan b

Terbaru, Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023)

Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023)  ini dirilis pada minggu pertama November 2023 menampilkan database terlengkap dan direktori perusahaan paling komprehensif terkait informasi spesifik perusahaan-perusahaan minyak bumi,gas, energi, dan pertambangan di Indonesia. Database direktori ini mencakup 640 perusahaan minyak bumi, gas, energi, dan pertambangan di Indonesia. Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023) ini merupakan perwujudan layanan big data duniaindustri.com yang menawarkan nilai lebih (value added) bagi penggunanya (user). Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023) ini berisi nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telpon dan fax atau no hp, jumlah tenaga kerja, email, dan kontak PIC. Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023)  ini terangkum dalam 256 halaman pdf untuk memudahkan p

Kajian Finansial Investasi Pabrik PC Strand dan PC Wire

Riset Data Spesifik Kawat Baja Pratekan 2015-2019 (Tren Pertumbuhan Pasar dan Perhitungan HPP)   ini dirilis awal Juli 2019 menampilkan riset independen, riset data spesifik, data komprehensif, market analisis,   market trend, analisis pertumbuhan pasar, dan outlook   pasar kawat baja pratekan (PC strand dan PC wire), perhitungan harga pokok penjualan (HPP), serta estimasi nilai investasi pabrik. Riset data ini diharapkan dapat menjadi panduan serta referensi bagi investor,   korporasi , peneliti, dan berbagai stakeholders secara luas. Riset ini dimulai dengan menampilkan penjabaran fokus   kajian pasar industri kawat baja pratekan (PC strand dan PC wire)   beserta metodologi yang digunakan (halaman 2). Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pohon industri baja, letak PC strand dan PC wire sebagai produk baja antara (penghubung antara produk hulu dan hilir) pada halaman 3. Langsung masuk ke inti kajian, pada halaman 4 sampai halaman 6, dijabarkan   riset pasar   kawat baja pratek