Langsung ke konten utama

Mengukur Kinerja Laba Industri Semen di Kuartal I 2018

Laba perusahaan semen di Indonesia pada kuartal I 2018 belum menggembirakan, lantaran tertekan lonjakan harga batubara. Hal itu tercermin dari kinerja laba market leader industri semen, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), yang mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 44,8% di kuartal I 2018 menjadi Rp412 miliar dari periode sama tahun lalu sebesar Rp747 miliar.

Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, mengatakan pendapatan perseroan sepanjang kuartal pertama tahun ini naik menjadi Rp6,6 triliun dibandingkan kuartal I tahun lalu sebesar Rp6,3 triliun. Namun, beban perseroan meningkat lebih besar, yakni 10% menjadi Rp4,9 triliun dari sebelumnya sebesar Rp4,5 triliun.

Cost of revenue naik karena adanya kenaikan harga batubara. Dulu di kuartal I 2017 harganya rendah, sekarang kenaikannya sekitar 20%,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

Selain beban pendapatan, meningkatnya beban keuangan Semen Indonesia sepanjang kuartal I-2018 menekan margin laba perseroan. Menurut Agung, Semen Indonesia perlu mulai membayar biaya pinjaman yang digunakan untuk proyek-proyek utamanya seperti pabrik Indarung dan Rembang.

“Kami mulai membayar utang untuk proyek Indarung dan Rembang. Kemudian mulai masuk depresiasi beberapa proyek-proyek baru yang belum bisa beroperasi penuh. Ini yang membuat di laba bersih turun signifikan,” imbuhnya.

Di sisi lain, kondisi industri semen domestik masih tertekan akibat adanya kelebihan pasokan (oversupply). Hal itu terjadi karena sejumlah perusahaan mengalami kelebihan kapasitas. Dia mencatat, setidaknya kapasitas terpasang pabrik semen domestik hingga sekitar 107 juta ton. Sementara, permintaan domestik tahun ini diperkirakan bakal mencapai 70-72 juta ton. “Jadi ada over kapasitas hampir 37 juta ton tahun ini,” terang Agung.

Menurut Agung, kondisi itu membuat tekanan harga di pasar. Tekanan harga juga terjadi karena banyak pemain-pemain baru di industri semen yang mencari pangsa pasar. Dengan kondisi-kondisi yang telah digambarkan, Agung menilai kondisi keuangan Semen Indonesia masih akan tertekan hingga akhir 2018. Meski begitu, Semen Indonesia akan berupaya mempertahankan pangsa pasar (market share) di industri semen domestik.

Pada 2017, Semen Indonesia menguasai market share sekitar 40,83 persen dari total konsumsi semen nasional sebanyak 66,34 juta ton. Sementara Agung mengungkapkan bahwa perseroan tahun lalu memproduksi sebanyak 31 juta ton semen, atau 85 persen dari total kapasitas produksi perseroan sebanyak 34 juta ton. “Secara utilisasi pabrik kami masih lebih baik dari perusahaan lain,” ujarnya.

Terus Tertekan

Tiga perusahaan semen yang terdaftar di pasar modal Indonesia mengalami tekanan cukup besar di sepanjang 2017. Ketiga perusahaan itu yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR).

Laba ketiga perusahaan tersebut mengalami penurunan sepanjang 2017. Demikian seperti dikutip dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Laba Semen Indonesia turun 54,95 persen menjadi Rp2,04 triliun ‎di 2017 dari posisi Rp4,53 triliun di akhir 2016. Akan tetapi, angka pendapatan naik dari posisi Rp26,13 triliun menjadi Rp27,81 triliun di tahun lalu. Sementara itu beban pokok pendapatan SMGR menjadi Rp19,8 triliun di 2017. Dengan begitu laba kotor Semen Indonesia menjadi ‎Rp7,95 triliun, atau turun dari posisi Rp9,85 triliun.

Perusahaan‎ mencatatkan beban penjualan turun menjadi Rp2,41 triliun pada 2017 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 2,71 triliun. Beban umum dan administrasi naik 11,96 persen menjadi Rp2,42 triliun. Penghasilan keuangan turun menjadi Rp168,67 miliar pada 2017.

Sedangkan untuk kinerja ‎Indocement juga mengalami penyusutan laba sebesar 51,94 persen menjadi Rp1,85 triliun di tahun lalu, padahal laba sebelumnya Rp3,87 triliun di 2016.

Menyusutnya laba INTP terjadi karena adanya penurunan pendapatan dan membengkaknya beban pokok pendapatan. Bayangkan saja, pendapatan perusahaan turun menjadi Rp14,43 triliun dari posisi sebelumnya Rp15,36 triliun.

Tingkat b‎eban pokok pendapatan meningkat menjadi Rp9,42 triliun dari posisi sebelumnya Rp9,03 triliun‎. Laba bruto Indocement juga turun menjadi Rp5 triliun dari posisi sebelumnya Rp6,33 triliun. Laba usaha turun menjadi Rp1,87 triliun dari Rp3,64 triliun dan laba sebelum pajak turun jadi Rp2,28 triliun dari Rp4,14 triliun.

Adapun untuk kinerja Semen Baturaja senada dengan Semen Indonesia dan Indocement. Laba SMBR turun dari Rp259,09 miliar di akhir 2016 menjadi Rp146,59 miliar per Desember 2017. Penyusutan laba SMBR dikarenakan pendapatan perusahaan tumbuh tipis, dari Rp1,52 triliun menjadi Rp1,55 triliun. ‎Secara keseluruhan, penjualan semen SMBR mencapai 1.762.137 ton, meningkat delapan persen dibanding 2016.(*)

Sumber: klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Implementasi Revolusi Industry 4.0 di Indonesia

Data Komprehensif Revolusi Industri 4.0 (Strategi Pengembangan dan Ketenagakerjaan hingga 2025) ini dirilis pada minggu ketiga Mei 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, tahapan perubahan, infografis menarik , terkait revolusi industri 4.0 (strategi pengembangan dan ketenagakerjaan hingga 2025). Dilengkapi dengan komparasi perkembangan industri di negara-negara maju, data komprehensif ini dapat digunakan sebagai referensi strategis guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Revolusi Industri 4.0 (Strategi Pengembangan dan Ketenagakerjaan hingga 2025) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-7). Perekonomian Indonesia masih tumbuh positif, meski terjadi perlambatan. Masyarakat lebih memilih dalam berbelanja yang seperlunya, walaupun terjadi tren peningkatan dalam aktivitas pelesiran (halaman 2). Upaya perbaikan pemerataan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah dengan b

Mengkaji 12 Metodologi Riset Pasar di Sektor Industri

   Duniaindustri.com (Juli 2024) -- Seiring dengan geliat iklim bisnis yang terasa makin cepat di semester II 2024, pelaku industri perlu memperkuat penetrasi pasar dan daya dobrak marketing guna menyongsong prospek pertumbuhan tinggi di era pemerintahan baru. Duniaindustri.com sebagai salah satu startup big data dan market research ikut mendukung hal itu dengan mengupdate digital database yang saat ini mencapai 297 data research di 28 sektor industri. Didukung metodologi yang komprehensif, mulai dari survei lapangan, database exim, direktori database, hingga studi literatur terkini, data research Duniaindustri.com diharapkan menjadi benchmark tersendiri bagi pelaku industri. Tim Duniaindustri.com memperluas cakupan metodologi dan teknik pengumpulan, penelusuran, dan pengolahan data, analisis, kajian independen, serta riset data spesifik dengan 12 komponen utama, yakni: 1. Survei lapangan 2. Kuesioner 3. Market comprehensive database (regulatory source) 4. Market intelligence database

Kumpulan 22 Riset Spesifik Otomotif Jadi Benchmark Peta Persaingan

Di era mobilisasi, digitalisasi, dan konektivitas tinggi, peranan industri otomotif makin ketara meski persaingan di sektor industri ini makin ketat. Betapa tidak, dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa, industri otomotif memberikan kontribusi besar bagi perekonomian negeri ini. Untuk merekam seluk beluk industri otomotif di Indonesia,  duniaindustri.com  memiliki sedikitnya 22  data dan riset terkait perkembangan industri otomotif  di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini. 1)  Riset Data Populasi Mobil 1950-2025 (Market Analysis Persaingan Pangsa Pasar Mobil) 2)  Riset Spesifik Market Tren Industri Oli Pelumas 2014-2020 (Tren Pertumbuhan & Pangsa Pasar) 2)  Riset Populasi Jumlah Sepeda Motor 1950-2025 (Market Analysis Provinsi Paling Potensial) 3)  Riset Tren Pasar Oli Motor Per Provinsi 2014-2016 (Proyeksi Market Size 2017) 4)  Riset Spesifik Market Size Industri Oli Pelumas (Tren Penjualan Dua Market Leader) new version 5)  Riset Eksklusif Pasar Oli Pelumas Mob